Usaha menghargai kreatifitas orang lain adalah usaha-usaha yang kita lakukan untuk menghargai karya berupa produk/barang/jasa yang diciptakan oleh seseorang.

contoh tindakan yang tidak menghargai kreatifitas orang lain :

  1. menggunakan komputer dengan OS dan software pendukung lainnya yang berupa bajakan
  2. membeli atau men-download musik, video, dll yang berupa bajakan
  3. copy-paste tulisan orang lain tanpa izin dan tanpa mencantumkan nama penulis
  4. fotokopi buku-buku yang diperdagangkan secara umum/ komersial

Dampak buruk pembajakan karya cipta :

  1. pembuat karya tidak mendapat royalti
  2. pemerintah tidak mendapat pemasukan pajak
  3. kita jadi terbiasa melakukan hal-hal ilegal

Alternatif lain yang dapat kita lakukan dalam penekanan angka pembajakan di bidang perangkat lunak adalah menggunakan software Open source. open source eadalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

contoh software open-source: Linux (OS), GIMP (Graphic Suit), Mozilla Firefox (Web Browser), PHP dan Phyton (Bahasa Pemrograman)